Rabu, 14 Januari 2009

Layanan ivrs

P R O P O S A L


IVRS
(Interactive Voice Response System)







PT. GRATIKA


















PT. GRAHA INFORMATIKA NUSANTARA
REGIONAL OFFICE SEMARANG
Jl. Indraprasta 99 A, Semarang - 50131
Ph. (024) 358 7232, Fax. (024) 358 7252




PENDAHULUAN

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan tuntutan efektifitas operasional perusahaan sehari-hari, kebutuhan untuk menyampaikan dan/atau mendapatkan informasi produk/layanan kepada masyarakat dengan cara cepat dan mudah serta biaya yang efisien juga semakin meningkat. Dalam memenuhi peningkatan permintaan pelanggan untuk pelayanan 7 x 24 jam, sangat penting jika operasional tersebut dijalankan secara otomatis.

Salah satu layanan VAS (value added services) telekomunikasi yang disediakan PT. GRATIKA adalah produk IVRS (Interactive Voice Response System). Saat ini, teknologi IVRS menjadi salah satu solusi dalam memenuhi tuntutan tersebut karena tidak diperlukan perangkat keras dan perangkat lunak yang kompleks.

Untuk menjawab keinginan perusahaan (corporate customer) terhadap kebutuhan tersebut, GRATIKA menawarkan Paket IVRS melalui skema kerjasama yang saling menguntungkan.


SEKILAS PROFIL GRATIKA

PT. Graha Informatika Nusantara (PT. GRATIKA) adalah salah satu anak perusahaan TELKOM Group yang didirikan dan dimiliki oleh PT. TELKOM dan PT. ASTEL. Dengan dukungan tenaga profesional yang berpengalaman, GRATIKA memposisikan diri sebagai VAS & InfoCom Solution Provider, dan menetapkan VAS (Value Added Services) sebagai bisnis utamanya.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang VAS & Infocom Solution Provider, salah satu solusi yang ditawarkan GRATIKA adalah produk IVRS, mengingat semakin banyaknya kebutuhan perangkat/sistem untuk mendukung produk/layanan Corporate Customer.


MAKSUD DAN TUJUAN

Proposal ini diajukan dalam rangka memberikan solusi terbaik untuk media penyampaian informasi produk/layanan dari corporate customer dengan kemudahan akses, jangkauan layanan yang luas dan kualitas yang dapat diandalkan. Dalam proposal ini, PT. GRATIKA bekerjasama dengan PT. TELKOM sebagai penyelenggara jasa layanan IVRS, yakin bahwa proposal ini akan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan, karyawan, rekanan/mitra kerja, serta pelanggan.








LAYANAN IVRS


1.DESKRIPSI LAYANAN

IVRS merupakan paket sistem komputer interaktif yang terprogram dalam format menu suara (voice). IVR server menyampaikan informasi berdasarkan data yang telah terhubung atau yang telah direkam. Sistem IVR memberikan informasi apapun yang diinginkan oleh pelanggan. Informasi yang diberikan bisa dalam bahasa Indonesia/Inggris, informasi up to date dan real time, dsb.


2.FUNGSI IVRS

IVRS dapat berfungsi memberikan informasi produk/layanan dalam bentuk data yang dibutuhkan oleh pelanggan tanpa melalui petugas (operator). Aplikasi IVRS bisa diimplementasikan untuk layanan, antara lain : informasi produk/layanan, informasi tagihan, informasi status pembayaran/tunggakan, simulasi kredit/leasing, simulasi KPR, simulasi kredit kendaraan bermotor , dll. Sistem IVRS juga memungkinkan tersambung ke operator (petugas) customer service/care di perusahaan (call forward). Untuk pengembangannya, system IVRS bisa diintegrasikan dengan call center perusahaan.



Beberapa aplikasi IVRS yang digunakan dalam berbagai industri, antara lain :

Banking – Telebanking, Phone banking.
Hospitality – Hotels, Resorts.
Heath Care – Hospitals, Nursing homes.
Educational Institutions – Universities, Colleges.
Transportation - Airline, Railways.
Freighting and Courier Services.
Departmental Stores, Malls etc.
Telcos – Sellular, CDMA, Fixed line







3.KEUNGGULAN IVRS

Dapat diakses oleh pelanggan setiap saat (24 jam sehari, 7 hari seminggu).
Dapat diakses melalui telepon rumah/kantor dan handphone (Flexi).
Memiliki satu nomor akses yang unik untuk seluruh area pelayanan.
Memberikan informasi yang akurat/up to date kepada pelanggan.
Menghemat operasional cost perusahaan (tidak memerlukan SDM khusus).
Sebagai sarana promosi dan sosialisasi produk/layanan perusahaan.
Informasi dapat di update setiap saat (sesuai kebutuhan pelanggan).
Jangkauan coverage area pelayanan yang luas (Jawa Tengah & DIY).
Kualitas suara yang jernih.
Tarif pulsa sesuai tarif Telkom yang berlaku.


3.DIFERENSIASI PRODUK IVRS

Scalable & Modular
IVRS yang kami kembangkan dapat diterapkan secara bertahap dan dapat di kustomisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Cost-Effective
Produk dan solusi yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dengan menerapkan minimum investasi (no investment).

Local Support
Memberikan dukungan lokal kepada pelanggan, sehingga dapat dengan cepat dan mudah dalam membantu menangani masalah yang terjadi di lapangan selama implementasi

After Sales Service
Memberikan layanan purna jual yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan.

Commitment
Memberikan komitmen yang tinggi dalam mencapai kepuasan pelanggan dengan terus mengimbangi perkembangan teknologi yang pesat


4.RUANG LINGKUP IVRS

Penyediaan paket IVRS bagi Corporate Customer dengan sistem sewa untuk jangka waktu tertentu secara terpadu, cepat, tepat, aman dan handal, yang meliputi kegiatan pada aktivitas-aktivitas :

Perencanaan dan design layanan.
Proses pembuatan layanan (voice recording).
Proses pemrograman dan integrasi ke sistem IVRS.
Proses updating data.
Instalasi sistem IVRS.
Pemeliharaan layanan IVRS.


4.SISTEM PAKET SEWA IVRS

Skema kerjasama yang ditawarkan adalah Sewa Murni, yaitu proses sewa pengadaan dan pemeliharaan paket IVRS kepada pelanggan dengan pembayaran tetap untuk jangka waktu tertentu.


PAKET PRODUK

Berikut Paket IVRS yang GRATIKA tawarkan untuk Corporate Customer, sbb :

1.PAKET SILVER (detail pakaet terlampir)

2.PAKET GOLD (detail pakaet terlampir)

3.PAKET PLATINUM (detail pakaet terlampir)

REFERENSI

Berikut beberapa layanan IVRS yang sudah diimplementasikan di area pelayanan Jawa Tengah dan DIY, antara lain :

INFO BILLING TELKOM ( 109 )
INFO BILLING PLN ( 290123 )
INFO BILLING PDAM ( 290456 )
INFO PEMKOT (SEMARANG) ( 290900 )
INFO PEMKOT (YOGYAKARTA) ( 290900 )
INFO PT KAI (SMG) ( 290092 )
INFO POLLING GUBERNUR (JATENG)
INFO PEGADAIAN (SMG) ( 290017 )
INFO RS DR OEN (SOLO) ( 290663 )
INFO RS TELOGOREJO (SMG) ( 290555 )






PENUTUP


Demikian proposal ini kami sampaikan, selanjutnya kami dengan senang hati menyediakan waktu untuk mendiskusikan lebih lanjut bilamana masih ada hal-hal yang perlu diklarifikasi. Harapan kami, kerjasama antara CUSTOMER dan GRATIKA akan memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan.

Untuk kelancaran dan koordinasi proposal penawaran ini dapat menghubungi ’contact person’ GRATIKA :

Nama : Eka S
Jabatan : Marketing IVRS / Telkom Memo
Alamat : PT. GRAHA INFORMATIKA NUSANTARA
Regional Office Semarang
Jl. Indraprasta 99 A
Semarang - 50131

Telepon : 024-358 7232
Fax : 024-3587252
HP : 081227181313
e-mail : eka.srg@gratika.co.id



Hormat kami,





RUDI HOTMAN, SSi, MM
Regional Manager

















DAFTAR HARGA PAKET IVRS


1. NOMOR AKSES (KHUSUS) : Rp 1.000.000 (satu kali selama masa sewa)

2.PAKET SILVER : Rp 3.000.000 (per tahun)

3.PAKET GOLD : Rp 4.500.000 (per tahun)

4.PAKET PLATINUM : Rp 7.500.000 (per tahun)

5.TAMBAHAN UPDATE CONTENT : Rp 500.000 (per update, di luar reguler)

6.PERPAJANGAN SEWA IVRS (ALL PAKET) :

Tahun ke-2 (75% dari sewa Tahun-1)
Tahun ke-3 (50% dari sewa Tahun-1)

Note : harga tersebut di atas belum termasuk PPN.